Jumat, 15 Januari 2010

Internet

Internet adalah jaringan computer yang saling berhubungan dan berkomunikasi satu sama lain dengan berbasiskan protocol TCP/IP sehingga pemakai dapat mengakses semua layanan yang disediakan oleh jaringan lainnya. Dengan menggunakan internet kita dapat berkomunikasi, mencari informasi, mengirimkan email, belanja bahkan mencari jodoh. kita juga dapat menjelajahi seluruh dunia hanya dalam waktu sekejap.

Komponen komponen internet antara lain :
1. E-mail (Electronic Mail )
Salah satu fasilitas yang banyak dipai di internet. Dengan e-mail kita dapat mengirim dan menerima pesan antar pemakai jaringann dalam hitungan detik. Selain itu email juga digunakan sebagai sarana untuk mengakses berbagai berbagi komponen service yang ada dlm internet..
2. FTP ( File Transfer Protocol )
FTP adalah suatu file protocol standar yang digunakan untuk memindahkan antar host di internet.. kelebihan FTP adalah setiap client harus memiliki otorisasi terlebih dahulu di FTP server agar dapat mengakses semua file yang ada di FTP server.
3. Telnet
adalah suatu program yang menggunakan protocol TCP/IP

Netiquette ( Network Etiquette ) adalah etika berkomunikasi di internet. Dalam berkomunikasi atau berdiskusi setiap pemakai internet harus memiliki sopan santun. hal ini dilakukan untuk menghindari hal- hal yang dapat menyinggung perasaan pemakai lainnya. Hal-hal yang harus dihindari dalam berkomunikasi di internet adalah jangan menulis email lebih dari 70 karakter dalam satu line, jangan menulis email dengan menggunakan huruf capital semua ( karena itu terkesan marah) , jangan menggunakan akronim yang berlebihan dan hindari penulisan kasar atau berbau SARA.